isi halaman

5 Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik yang Wajib Dicoba (Update)

Saat ini, ada banyak jenis software akuntansi yang dapat membantu penggunanya untuk mencatat keuangan dengan lebih baik. Adanya aplikasi pengatur keuangan ini tentu memberikan kemudahan yang dapat meringankan kegiatan akuntansi dari penggunanya.

Lalu, perangkat lunak apa saja yang dapat digunakan untuk memudahkan kegiatan akuntansi? Di sini akan dibahas berbagai perangkat lunak untuk memudahkan akuntansi penggunanya. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. SQL Ledger

Perangkat lunak yang pertama akan di bahas adalah SQL Ledger. Mungkin perangkat lunak yang satu ini sudah banyak dikenal oleh pengguna aplikasi akuntansi. Memang kehadiran perangkat lunak ini dianggap cukup membantu untuk melakukan perhitungan akuntansi.

Apalagi software ini merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan secara gratis. Ada berbagai fitur yang dimiliki oleh perangkat lunak ini, mulai dari inventory control, multi user, point of sales, cek printing, purchase orders, sampai multi location. Ini tentu akan banyak membantu penggunanya.

Basis penggunannya sendiri menggunakan sistem ERP yang berbasis web. Adanya sistem ini akan memudahkan pemantauan jarak jauh. Apalagi sistem ini membuat perangkat lunak menjadi cocok diaplikasikan dalam OS Mac, Windows, hingga Linux.

Bagi yang ingin menambahkan beberapa fitur premium juga dapat memilih menggunakan SQL Ledger dalam versi berbayar. Ini memberikan berbagai keuntungan, salah satunya adalah dapat memperoleh fitur baru seperti barcode dan berbagai fitur lainnya.

2. ACCURATE

Perangkat lunak lain yang dapat digunakan untuk membantu permasalahan akuntansi adalah ACCURATE. Ini merupakan salah satu software akuntansi yang menjadi buatan dalam negeri. Pengembangan aplikasi ini sendiri berlangsung dari tahun 2000 hingga sekitar akhir tahun 2017 lalu.

Total pengguna aplikasi ini juga telah mencapai jumlah fantastis, yaitu telah digunakan hingga 300.000 perusahaan di Indonesia. Banyak yang memilih perangkat lunak ini karena ia memiliki standar yang sesuai dengan PSAK (Peraturan Standar Akuntansi Keuangan).

Tak hanya itu, perangkat lunak ini juga mengadopsi berbagai kurikulum dari Praktikum Lab Komputer Akuntansi yang ada di 70 universitas ternama serta ratusan (Sekolah Menengah Kejuruan) SMK. Inilah yang kemudian membuat perangkat lunak ini menjadi laris di pasaran.

Ada dua jenis perangkat lunak yang ditampilkan di aplikasi ini. Perangkat lunak yang pertama adalah versi dekstop sedangkan yang kedua merupakan versi daring. Masing-masing dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki.

Bagi yang hanya memiliki satu kantor perusahaan sebagai pusat aktifitas kantor nampaknya lebih baik jika menggunakan ACCURATE versi dekstop. Sedangkan untuk melakukan pemantauan dapat melalui ACCURATE daring yang telah ada.

3. Jurnal

Software akuntansi yang dibahas selanjutnya adalah Jurnal. Jadi Jurnal merupakan salah satu software akuntansi yang sudah banyak digunakan oleh para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Kehadiran Jurnal sendiri dipilih karena software ini memiliki beragam kelebihan, salah satunya adalah kemudahan pemakaian. Untuk menggunakan Jurnal, pengguna tidak perlu mengunduh perangkat lunak ini.

Cukup lakukan koneksi dengan internet untuk mengakses perangkat lunak yang satu ini. Dari sana, pengguna sudah dapat melakukan berbagai kegiatan akuntansi yang diperlukan.

Ada beragam fitur yang tersedia di dalam perangkat lunak ini. Mulai dari pembukuan, pencatatan, hingga membuat laporan keuangan menjadi lebih mudah dikerjakan. Tak hanya itu, pengelolaan operasional perusahaan juga dapat dikerjakan menggunakan perangkat lunak ini.

Bagi yang ingin mencoba menggunakan perangkat lunak ini, ada fitur free trial yang dapat digunakan dalam jangka waktu 14 hari. Lalu jika ingin memperpanjang pemakaian, pengguna harus melakukan perpanjangan dengan membayar biaya berlangganan setiap bulannya.

4. Zahir Accounting

Perangkat lunak yang selanjutnya dapat digunakan sebagai alternatif untuk mempermudah kegiatan akuntansi adalah Zahir Accounting. Ini merupakan produk perangkat lunak lainnya yang juga asli Indonesia.

Berbagai fitur yang ditawarkan juga siap untuk mengakomodasi kebutuhan keuangan perusahaan. Untuk menggunakan perangkat lunak ini, ada beberapa modul yang dapat dipilih sesuai kebutuhan perusahaan.

Nantinya, pihak pengguna dapat merangkai sendiri perangkat lunak untuk akuntansi dari modul-modul yang dipilihnya.

Pengguna perangkat lunak ini harus memakai Dongle (sejenis USB) yang terhubung dengan komputer. Dongle ini hadir sebagai kontrol penggunaan license dari Zahir Accounting. Beberapa universitas menggunakan aplikasi ini sebagai aplikasi praktikum di lab yang mereka miliki.

5. GNU Cash

GNU Cash menjadi aplikasi akuntansi selanjutnya yang banyak digunakan. Aplikasi yang satu ini sudah sering digunakan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Ini karena GNU Cash menawarkan berbagai fitur yang cukup lengkap untuk mengakomodasi kebutuhan keuangan perusahaan.

Lalu, jika dirasa masih belum cukup lengkap, pengguna juga dapat menambahkan fitur dengan manual sesuai variabel yang diinginkan. Kelebihan lain dari perangkat lunak ini adalah GNU Cash menerapkan prinsip-prinsip akuntansi profesional.

Fitur-fitur yang dapat diperoleh dari aplikasi ini antara lain, double entry accounting, akun investasi, tax table, akun kredit serta pinjaman, dan masih banyak lagi. Semuanya dapat dimanfaatkan untuk memudahkan proses akuntansi dalam perusahaan penggunanya.

Mengapa software akuntansi diperlukan? Memilih software akuntansi memang tidak semudah memilih aplikasi lain seperti aplikasi cari jodoh, aplikasi media sosial, atau aplikasi gim misalnya.

Memilih aplikasi akuntansi yang tepat serupa dengan memilih aplikasi penghasil uang, karena dari sanalah kondisi keuangan perusahaan akan dihitung. Jadi harus dipastikan jika aplikasi akuntansi ini mampu mengakomodasi kebutuhan perusahaan.

Tak hanya itu, namun juga harus dipastikan jika prinsip akuntansi yang diterapkan merupakan prinsip-prinsip yang tepat. Jangan sampai ada kesalahan yang membuat keuangan perusahaan justru semakin berantakan, ya.

  • Add Your Comment