Web Hosting

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi di Android (Recommended)

Mengatur keuangan memang gampang-gampang susah. Jika tidak diatur secara cermat, bisa-bisa uang tidak bisa bertahan sampai akhir bulan. Untuk mengatasi hal itu, aka ada baiknya gunakan aplikasi pengatur keuangan. Ada banyak jenis software pengatur keuangan.

Namun sebenarnya, apa pentingnya kehadiran aplikasi untuk pengatur keuangan ini? Sebelum mengenal macam-macam software pengatur keuangan tak ada salahnya mulai memahami mengapa aplikasi untuk mengatur keuangan ini diperlukan.

Mengapa Aplikasi Pengatur Keuangan Diperlukan?

Aplikasi pengatur keuangan menjadi salah satu instrumen yang diperlukan untuk menjaga pengeluaran setiap harinya. Tentunya software pengatur keuangan ini berbeda dengan software akuntansi.

Ini karena software pengatur keuangan biasanya lebih sederhana dan ditujukan untuk keperluan sehari-hari. Ada hal yang mendasari kenapa software ini baik untuk digunakan. Apalagi untuk para pengguna yang merasa kesulitan mengatur pengeluaran setiap harinya.

Inilah beberapa alasan kenapa software ini penting.

  • Kehadiran software ini dapat menjadi salah satu langkah untuk membuat penggunanya memahami arus keuangan yang dimilikinya. Jadi pengguna dapat mengantisipasi pos-pos pengeluaran yang dirasa berlebihan.
  • Menggunakan software ini dengan baik dapat menjadi langkah awal untuk mengatur catatan keuangan. Jadi, ketika ada pengeluaran yang berlebih, Anda dapat menelusuri asalnya dari mana.
  • Sebagian menganggap aplikasi pengatur keuangan ini juga turut andil membuat penggunanya menjadi lebih hemat. Pasalnya, pengeluaran yang dimiliki penggunanya di sini menjadi lebih teratur, terencana serta tertata rapi.

Macam-macam Aplikasi Pengatur Keuangan yang Dapat Digunakan

Sudah dibicarakan sebelumnya beberpa alasan di balik penggunaan aplikasi pengatur keuangan. Sekarang saatnya membedah lebih dalam lagi tentang aplikasi apa saja yang dapat membantu pengaturan keuangan. Berikut ini adalah beberapa aplikasi tersebut.

1. Monefy

DomaiNesia

Aplikasi yang pertama akan dibahas di sini adalah Monefy. Kehadiran aplikasi yang satu ini dipercaya dapat membantu untuk memudahkan pengaturan keuangan penggunanya. Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang berbasis android.

Keunggulan dari layanan aplikasi ini adalah penggunanya dapat melakukan custom terhadap layanannya. Sehingga, Monefy menjadi salah satu aplikasi yang dapat dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan dari penggunanya.

Ada beberapa akun yang dapat digunakan untuk berbagai kategori yang ada. Pengguna aplikasi ini juga dapat melakukan pengelompokan pengeluaran melalui berbagai kategori. Nantinya akan ada persentase yang secara otomatis dikeluarkan aplikasi untuk tiap kategori.

Pengguna dapat memilih menggunakan aplikasi ini baik dengan kategori gratis maupun berbayar. Tentu saja ada beberapa perbedaan yang dimiliki oleh masing-masing kategori aplikasi.

2. Money Manager Expense & Budget

Aplikasi selanjutnya yang dapat dicoba adalah Money Manager Expense & Budget. Adanya aplikasi yang satu ini cocok bagi para pengguna yang sudah memiliki kebiasaan melakukan pencatatan pengeluaran setiap harinya.

Transaksi yang ada di sini dibagi menjadi tiga buah akun, yaitu tunai, kartu pembayaran, dan juga rekening. Tiap-tiap transaksi yang terjadi nantinya akan membuat Money Manager melakukan pendataan jumlah hutang serta harta dari ketiga transaksi tersebut.

Pengguna aplikasi ini juga dapat melakukan pembagian transaksi ke dalam kategori yang berbeda-beda. Selain itu masih ada opsi untuk pengeluaran serta angsuran rutin dengan berbagai mode yang dapat dipilih.

Ada dua versi yang tersedia dari aplikasi ini: versi gratis dan berbayar. Pastinya kedua versi tersebut memiliki perbedaan dari fitur serta tampilan iklan.

3. Money Lover

Aplikasi selanjutnya yang akan dibahas di sini adalah aplikasi Money Lover. Kehadiran aplikasi ini serupa dengan kehadiran asisten yang mengatur keuangan pribadi. Tak hanya praktis, aplikasi ini juga mudah untuk digunakan.

Ada beberapa fitur yang dimiliki oleh Money Lover. Mulai dari fitur saving, event, serta budget. Semuanya akan membantu pengguna untuk mengatur keuangannya dalam sebulan. Mulai dari pengeluaran hingga pemasukan.

Aplikasi ini juga menampilkan grafik pengeluaran dari penggunanya. Nantinya pengguna juga dapat mengetahui ‘porsi’ dari masing-masing pengeluaran yang dilakukannya. Jadi, pengeluaran yang berlebihan pun dapat segera ‘dihentikan’.

4. Cash Droid

Cash Droid menjadi aplikasi selanjutnya yang akan dibahas di sini. Aplikasi yang satu ini memiliki kemampuan untuk menampilkan grafik dari keuangan pribadi. Pada versi pro, aplikasi ini akan membantu untuk menganalisa keuangan serta file CSV yang diimpor pengguna.

Pada aplikasi ini ada pengelompokan untuk masing-masing pengeluaran. Misalkan saja untuk melakukan pembayaran asuransi, servis, hingga tagihan rutin. Selain pengeluaran, pengelompokan juga dilakukan dari bagian sumber dana.

Seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, ada dua versi yang siap digunakan pengguna dari aplikasi ini. Untuk versi premiumnya, pengguna dapat menemukan berbagai macam fitur baru. Salah satunya adalah fitur yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu analisa keuangan.

5.Mint

Tak lengkap rasanya membahas perihal aplikasi untuk mengatur keuangan tanpa membahas Mint. Aplikasi yang satu ini cukup populer digunakan. Ia memiliki beragam pembagian sesuai dengan kebutuhan dari penggunanya.

Ada banyak fitur yang dapat digunakan penggunanya dalam aplikasi ini. Bahkan banyak yang menyebutnya sebagai aplikasi all-in-one. Mulai dari pinjaman, giro, tagihan, sampai portofolio investasi dapat diatur di sini.

Selain itu, aplikasi ini juga melakukan pengelompokan pengeluaran melalui beberapa kategori. Ini nantinya dapat digunakan pengguna untuk melakukan penghitungan terhadap pengeluaran bulanan yang telah dilakukan.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga hadir dengan bagan dan grafik yang dapat mempermudah pemantauan keuangan. Bahkan, aplikasi ini membantu untuk mengirimkan notifikasi saat tagihan dirasa membengkak.

Itulah beberapa aplikasi pengatur keuangan yang ampuh untuk membantu membuat keuangan menjadi lebih teratur. Jika diterapkan dengan baik, aplikasi-aplikasi ini akan membantu menjaga agar keuangan tetap dalam kondisi stabil.

Selain mengatur pengeluaran, baiknya juga pertimbangkan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Apalagi saat ini ada banyak aplikasi penghasil uang yang dapat dimanfaatkan, salah satunya adalah aplikasi jual pulsa yang banyak ditemui.

Jadi, sembari mengatur keluar-masuknya uang melalui aplikasi pengatur keuangan, pemasukan pun dapat diperoleh. Wah, tentu akan membuat uang menjadi semakin awet saja, bukan?

  • Add Your Comment

%d bloggers like this: