isi halaman

5 Cara Setting Router Wifi dengan Mudah dan Cepat (Update)

Hari ini, eksistensi ditentukan oleh sejauh mana kita terhubung dengan internet. Itulah mengapa semakin banyak orang yang membeli router, sehingga semakin banyak pula orang yang terhubung dengan jaringan internet. Pemasangan router pada dasarnya bisa dilakukan tanpa bantuan jasa profesional, asal paham cara setting router yang benar.

Jika Anda punya kafe, restoran, atau kantor, tentu membutuhkan jaringan Wi-Fi. Nah untuk mempermudah Anda, berikut kami jelaskan setting router yang benar.

Penempatan Router dan Kabel

cara setting router dengan mudah

Hal pertama yang mesti Anda ketahui terkait cara setting router yang benar, yaitu penempatan router dan pemasangan kabel. Ya, persis ketika Anda membeli router, sang penjual pasti akan merekomendasikan penempatan router di tempat terbuka di pusat rumah.

Ya betul sekali, lokasi terbaik untuk menempatkan router yaitu di tengah rumah, atau setidaknya di ruang terbuka. Hal tersebut karena akses Wi-Fi dapat lebih mudah diterima oleh lebih banyak orang. Kecuali jika Anda memang menggunakan router hanya untuk keperluan pribadi, maka Anda bisa menempatkannya di ruangan tertutup, misalnya kamar.

Jika Anda punya kafe, maka router mesti ditempatkan agak berdekatan dengan kerumunan konsumen. Begitupun untuk kantor, maka pastikan Anda menempatkan router di area yang berdekatan dengan para karyawan.

Nah setelah menempatkan router, Anda ‘pun mesti memasang kabel dengan benar. Pertama, kabel jack sambungkan pada router kemudian sambungkan kabel power ke stopkontak. Pastikan kabel dalam kondisi bagus ketika dipasang.

Setelah itu, sambungkan kabel LAN ke port WAN. Lalu dari router, sambungkan port WAN ke port LAN yang ada pada modem. Nah proses setting kabel tahap awal sudah selesai, Anda tinggal melanjutkannya ke PC atau laptop untuk setting lanjutan.

Setting Kabel dari Router ke Komputer

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, langkah selanjutnya yaitu setting kabel dari router ke komputer. Prosesnya sangat simpel, Anda tinggal sambungkan kabel LAN dari router ke port LAN komputer. Nah sebaliknya, sambungkan LAN yang ada di komputer ke port LAN yang ada di router.

Nah perlu Anda ketahui, cara mempercepat koneksi internet pasca pemasangan router yaitu dengan tidak menggunakan pengaturan koneksi dari router pada saat instalasi, sederhana karena konfigurasi Wi-Fi belum baik.

Instalasi Router

cara instal router wifi

Nah setelah pengaturan kabel dari router ke komputer selesai, maka tibalah saatnya melakukan instalasi router di komputer. Tinggal nyalakan komputer, lalu masuk ke browser. Setelah itu, Anda cek dulu alamat router yang ada pada buku panduan, lalu ketikkan alamat router tersebut di browser agar Anda bisa mengakses panel admin router.

Nah setelah masuk ke panel admin router, Anda tinggal memasukan username dan password. Perlu Anda catat, alamat admin maupun username dan password bisa Anda temukan di buku panduan. Namun jika buku panduannya hilang, Anda bisa menggunakan CD instalasi router.

Nah langkah selanjutnya, Anda mesti mengatur konfigurasi router dengan memasukan data yang sesuai dengan provider yang Anda gunakan pada modem. Pastikan Anda memasukan data provider yang benar, agar tidak bolak-balik mengatur konfigurasi.

Tak hanya itu, Anda ‘pun mesti memastikan bahwa seluruh fungsi telah menyala seperti ethernet, lampu internet, dan lainnya. Pastikan Anda tidak melakukan aktifitas lain saat melakukan instalasi, misal seperti mencari cara menghapus akun Instagram atau cara mengatasi laptop lemot di Google, nonton YouTube, chattingan, dan lainnya, biar hasilnya memuaskan.

Aksesibilitas dan Privasi

Sangat penting bagi Anda untuk mengatur aksesibilitas pada admin router agar tidak mudah di-hack orang lain. Pada panel admin, Anda tinggal masuk ke ‘settings’ lalu klik ‘admin password’.

Nah Anda tinggal masukan password lama, lalu masukan password baru. Pastikan Anda memasukan password yang tidak mudah ditebak orang lain dan mudah diingat oleh Anda sendiri. Panjang password mesti berkisar dari 5 hingga 20 karakter.

Nah pada bagian ‘password hint’, pastikan Anda memasukan kata atau kalimat yang tidak ada hubungannya dengan password admin router yang telah Anda tetapkan.

Selain itu, Anda ‘pun mesti mengatur nama Wi-Fi dan juga password-nya. Anda tentu tidak ingin jaringan Wi-Fi bisa diakses oleh siapapun, jadi Anda mesti mengaturnya dengan saksama.

Anda tinggal masuk ke ‘advanced settings’, lalu masuk ke ‘wireless’. Pada bagian ‘security’, pilih opsi ‘WPA2 Only’. Nah Anda tinggal mengatur nama Wi-Fi dan juga password-nya, panjang karakter yaitu dari 8 hingga 63 karakter

Aktivasi Router

cara setting router wifi

Setelah Anda selesai melakukan konfigurasi di panel admin, maka Anda bisa langsung mengaktifkan router. Nah Anda tinggal menekan tombol aktivasi Wi-Fi di router agar router bisa langsung memancarkan jaringan Wi-Fi. Pastikan bahwa setiap lampu menunjukan warna hijau, karena itu artinya jaringan Wi-Fi dalam keadaan bagus.

Jika ada kendala, misalnya lampu mengeluarkan cahaya merah, maka ada dua kemungkinan. Pertama, provider sedang mengalami gangguan atau justru router yang mengalami kerusakan.

Nah agar bisa menikmati akses Wi-Fi, Anda tinggal menyambungkan gadget milik Anda dengan router, caranya dengan menemukan nama Wi-Fi dan masukan password-nya.

Nah itulah cara setting router yang benar, semoga dapat memudahkan Anda yang ingin memasang Wi-Fi di rumah, kafe, ataupun kantor. Seperti yang Anda lihat di atas, pemasangan dan aktivasi router ini bisa dilakukan manual, asal dilakukan dengan benar. Namun jika Anda masih mengalami kendala, tidak ada salahnya Anda memanggil orang yang sudah ahli. Semoga bermanfaat!

  • Add Your Comment